Menapaki
abad ke-19, eksploitasi pemerintah kolonial terhadap bumi nusantara tidak hanya
menyasar pada segala yang tumbuh di atas permukaan tanah saja, namun juga menyasar
kandungan mineral yang terpendam di bawahnya. Di antara mineral yang
ditemukan, batubara memainkan peran penting sebagai penggerak roda revolusi industri dan penemuan teknologi. Salah
satu pusat penghasil batubara di nusantara adalah Sawahlunto, kota kecil di
pelosok Sumatera Barat yang terkepung oleh lembah. Tidak pernah terbayangkan bila kota yang pada mulanya hanyalah sebuah terra incognita; tanah tak dikenal, akhirnya menjadi kota tambang batubara nan makmur yang namanya mahsyur dalam sejarah penambangan batubara di Indonesia dengan jejak
kebesaran masa lalunya yang sampai hari ini tetap
kokoh walau berusia puluhan tahun.
Melalui tinggalan sejarah tersebut, Jejak Kolonial akan mengisahkan seperti apa upaya Belanda
dalam menyerap sumber daya yang ada di tanah jajahannya dengan mengerahkan
segenap pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya demi meraih keuntungan
sebesar-besarnya.
Setiap orang yang menuju ke Sawahlunto akan mengarungi keindahan alam bumi Minang yang fantastis. Setelah melalui jalan yang berkelak-kelok, orang akan disambut dengan pemandangan yang tidak biasa setibanya di Sawahlunto. Di sana, akan dijumpai suatu pemandangan langka dimana ada sebuah kota berisikan bangunan gaya Eropa yang tersembunyi di liarnya alam Sumatera. Sebelum memasuki kota, orang akan memandang sebuah cerobong asap yang tinggi menjulang di tengah lembah. Tidak jauh dari sana, tampak sebuah menara jam yang mengingatkan orang-orang pada bangunan Eropa. Melihat letaknya yang terkurung oleh dinding perbukitan curam di sekelilingnya dan jauh dari jangkauan jalan utama, siapapun yang pernah berkunjung ke sini mungkin akan berpikir mustahil
seumpama akan ada kota yang tumbuh di sini.
Pemikiran tersebut akan semakin kuat bilamana kita
berkunjung ke Sawahlunto sebelum tahun 1890an. Jika kita bisa kembali ke masa
itu, pemandangan yang akan dijumpai hanyalah sebuah ladang persawahan terpencil yang terkurung oleh perbukitan.
Jauh dari kata gemerlap. Namun di balik itu semua, tanah di dalamnya ternyata berkelimpahan endapan organik dari 45 juta tahun silam yang dengan kondisi tertentu membentuk suatu jenis batu yang tidak terlalu indah untuk dilihat namun menjadi
sumber penggerak utama revolusi industri, yakni batubara. Sebelum potensi
batubara di Sawahlunto terendus oleh Belanda, Van Lier dalam laporannya
menyebutkan bahwa masyarakat lokal telah mengenal dan memanfaatkan lidah arang,
julukan orang lokal terhadap batubara yang ditemukan di permukaan, untuk bahan bakar memasak. Beberapa
batubara yang diperdagangkan ke daerah selatan
Sawahlunto dan diangkut menggunakan perahu menyusuri aliran sungai Ombilin.
![]() |
Lembah Sawahlunto pada tahun 1890an saat penambangan batubara mulai dirintis. Terlihat pada saat itu belum ada bangunan PLTU dan kawasan Pecinan. (sumber : media-kitlv.nl) |
Suasana kota Sawahlunto pada tahun 1920an. (sumber : media-kitlv.nl) |
Barbara Freese dalam bukunya berjudul “Coal, A Human History”, mengungkapkan bahwa batubara bukan hanya bahan bakar dan komoditas dagang belaka. Ia adalah simbol kemenangan umat manusia atas alam dimana mansuia akhirnya mampu mengubah alam yang kejam menjadi alam yang lebih nyaman untuk ditempati. Dengan batubara, manusia memiliki cahaya, kekuatan, kekuasaan, kekayaan, dan peradaban (Freese, 2003;10). Di kala masyarakat Sawahlunto masih menambang
batubara secara tradisional dan digunakan sebatas keperluan rumah
tangga, batubara telah memainkan peran penting bagi negeri-negeri yang
telah menjadi kekuatan dunia seperti Inggris, Jerman, dan Amerika Serikat. Bagi imperium tersebut, batubara lebih dari sekedar bahan bakar untuk memasak,
melainkan juga menjadi bahan penggerak industri raksasa dan pendorong penemuan
teknologi penting seperti kereta api, kapal uap, dan mesin-mesin canggih lain
yang telah membuka jalan untuk globalisasi. Selebihnya, sumberdaya berjuluk ‘emas hitam’ tersebut berperan untuk menyalakan mesin-mesin transportasi pengangkut hasil eksploitasi alam dari tanah jajahan ke Eropa. Pada mulanya batubara masih didatangkan dari Eropa. Dibukanya terusan Suez dan kehadiran
teknologi kereta api mendorong peningkatan konsumsi batubara di Hindia-Belanda.
Supaya tidak bergantung terus menerus dengan pasokan dari Eropa, maka pemerintah kolonial
menjajaki potensi batubara di Hindia-Belanda. Upaya penyelidikan batubara di
Hindia Belanda dilakukan pertama kali oleh Koninklijke Natuurkundige
Vereeniging dan mereka menguak adanya kandungan batubara di Martapura, Kalimantan.
Pada tahun 1846, pemerintah kolonial merintis pertambangan batubara di sana, namun karena
tidak digarap secara serius maka
tambang batubara pertama di Hindia Belanda tersebut berakhir dengan kegagalan (Van Lier, 1917; 10-13).
![]() |
Wilem Hendrik de Greve, penemu potensi batubara di Sawahlunto. |
![]() |
Kota Sawahlunto pada tahun 1930an, saat kegiatan penambangan mulai berkembang. (sumber : media-kitlv.nl) |
Penambangan batubara di sekitar Sungai Ombilin memiliki tiga area
tambang yang penting, yakni Perambahan, Sigalut, dan Sungai Durian. Dengan
jumlah kandungan batubara terbesar di antara yang lainnya, maka lokasi penambangan dipilih di area Sungai Durian yang memiliki deposit sebesar 93 juta ton. Batubara yang terdapat di Sungai Durian terbagi menjadi
tiga lapisan yang dinamai nama lapisan A, B, dan C. Lapisan A memiliki ketebalan
dua hingga tiga meter, kemudian lapisan B memiliki ketebalan 60 cm hingga satu
meter, sementara lapisan C memiliki ketebalan enam sampai dua belas meter. Kandungan batubara terbaik di Ombilin terpendam di dalam tanah sehingga kegiatan penambangan dilakukan dengan menerapkan metode tambang terowongan. Salah satu terowongan yang selama ini dikenal di Sawahlunto adalah terowongan Lubang Mbah Suro, namun sejatinya masih ada terowongan tambang lainnya yang tersebar di Sawahlunto seperti terowongan tambang Lunto, Sungai Durian, Panjang dan Waringin. Hanya saja terowongan-yang sudah disebutkan tadi tidak memungkinkan untuk ditelusuri pengunjung umum karena keadaanya sudah tertimbun tanah atau tergenang air. Sejak tahun 2007, lubang tambang Mbah Suro dibuka untuk umum namun tidak semua bagian terowongan bisa dijelajahi. Untuk batubara yang berkedudukan di lapisan A dan B, dibuat terowongan yang akan membagi ladang tambang menjadi blok-blok
persegi seperti papan catur. Secara bertahap, batubara diambil mulai dari blok
1. Sesudah batubara di blok 1 habis, penambangan berlanjut ke blok 2 dan
kemudian diteruskan ke blok berikutnya. Pada tempat yang batubaranya
sudah diambil, bagian atapnya ditopang oleh kayu yang bertujuan untuk
mencegah runtuhnya atap terowongan yang akan mengakibatkan lapisan tanah di
atasnya longsor ke bawah.
![]() |
Kamar mesin pompa Rantih. |
Batubara digali pada bagian dinding bawahnya dengan bantuan alat manual
seperti blencong atau menggunakan mesin Jack Hammer (dandang) yang digerakan
oleh tekanan udara. Karena bagian bawahnya sudah digali, maka bagian atasnya
akan meluruh ke bawah dengan sendirinya. Jika terlalu sulit digali, maka dibuat
lubang sepanjang 1 meter yang akan diisi dengan mesiu untuk kemudian
diledakkan. Jumlah mesiu yang dibutuhkan sudah diperhitungkan secara cermat
supaya ledakan yang yang dihasilkan tidak terlalu lemah untuk menghancurkan
lapisan namun juga tidak terlalu kuat untuk mencelakakan pekerja. Batubara
yang sudah lepas dari tempat semula lali dipindahkan dengan sekop ke dalam saluran besi
yang disebut Talangan Goyang (Shaking Conveyor). Talangan Goyang ini tergantung
sejajar dengan muka pengambilan hasil dan diguncangkan oleh mesin listrik atau
tekanan angin sehingga deposit batubara yang ada di dalam saluran meluncur ke
terowongan miring dimana di sana sudah menunggu gerbong yang akan membawa
keluar batubara dari dalam tanah.
Sehari-harinya, para penambang berjibaku dengan kondisi terowongan yang sempit, panas, pengap, dan gelap. Pekerjaan mereka adalah salah satu pekerjaan paling rentan karena selain merasakan ketidaknyamanan, para penambang masih harus siap menghadapi maut. Beberapa ancaman di dalam tambang yang melibatkan empat unsur ; tanah, udara, api, dan air, menghantui pekerja selama berada di dalam perut bumi. Dinding tambang sewaktu-waktu bisa runtuh yang mengubur tubuh mereka hidup-hidup. Saat hujan deras, terowongan tiba-tiba berisi penuh air yang menenggelamkan pekerja. Masih ada pula ancaman gas
metan yang bisa meledak bila terkena percikan api dan gas CO (karbonmonoksida)
yang tidak berbau namun sangat mematikan bagi orang yang menghirupnya. Segala upaya pencegahan ditempuh untuk menghindari kecelakaan kerja yang mungkin terjadi
sewaktu-waktu. Kebutuhan vital untuk penambang seperti udara dan penerangan juga dibuat
dengan memperhitungkan keselamatan pekerja. Udara dihembuskan dari gedung
kompresor lewat terowongan ventilasi dan kemudian udara disedot keluar melalui
terowongan ventilasi lainnya untuk menjaga sirkulasi. Selain memasok oksigen
pekerja, hembusan udara tersebut juga membantu dalam mengurangi kepekatan gas methan. Untuk sumber penerangannya maka digunakan
lampu khusus yang dikenal sebagai Davy
Lamp. Lampu tersebut tidak semata sebagai alat penerang di tengah gelapnya tambang, namun juga sebagai indikator keberadaan gas-gas
berbahaya yang akan mencelakakan pekerja. Jika terdeteksi ada campuran gas
yang mudah terbakar, maka lampu akan menyala lebih terang dengan warna
kebiruan. Jika ada indikasi kandungan oksigen di dalam tambang berkurang, maka
lampu akan padam sehingga para penambang bisa bergegas keluar sebelum mereka
meregang nyawa karena sesak nafas.
![]() |
Transportasi lori listrik yang digunakan untuk mengeluarkan gerbong dari dalam tambang (sumber ; media-kitlv.nl) |
Batubara yang ditambang dari dalam perut bumi tersebut tentu saja perlu dibawa keluar terlebih dahulu sebelum dijual ke pasaran. Deretan gerbong nyaris tiada putusnya ditelan oleh gelapnya terowongan nan sempit dan kemudian dimuntahkan keluar membawa muatan batubara yang berharga. Mengatur sistem pengangkutan tambang sekelas Ombilin bukanlah perkara yang mudah sebab tersendatnya arus pengangkutan akan mengacaukan jalannya kegiatan penambangan dan tentu akan berpengaruh terhadap perolehan yang didapat. Maka dari itu, sistem pengangkutan direncanakan secara cermat supaya arus pengangkutan menjadi lancar dan terhindar dari kekacauan. Jumlah gerbong yang beroperasi setiap harinya tidaklah menentu, tergantung pada jumlah batubara yang sanggup ditambang hari itu. Rangkaian gerbong tersebut meluncur perlahan menuruni terowongan untuk mengambil bongkahan batubara yang sudah ditambang. Setelah terisi penuh, maka hewan kuda, keledai, atau kerbau akan menghela gerbong tersebut keluar dari terowongan. Hewan tersebut diberi pakan berupa jagung yang sengaja ditanam di sekitar tambang. Lokomotif uap sendiri tidak dapat digunakan untuk penambangan bawah tanah karena beresiko memicu kebakaran serta uap panas yang dihasilkan memperburuk kondisi udara di dalam tambang yang sudah begitu pengap. Tenaga hewan lalu berganti dengan lokomotif bertenaga listrik. Di sepanjang dinding terowongan, terentang kabel-kabel yang akan mengalirkan lokomotif listrik tersebut. Ukurannya yang kecil menjadikan lokomotif listrik tersebut mampu melalui terowongan yang sempit dengan mudah. Sesudah dikeluarkan dari tambang, masih ada tantangan lain yang perlu dihadapi. Antara lokasi tambang di Sungai Durian dengan tempat pengolahan, terhampar lereng curam yang menjadikan kereta biasa tidak sanggup melewatinya. Tantangan itu diatasi dengan penggunaan sistem pengangkutan berbasi kereta kabel yang memang dikhususkan untuk menghadapi medan semacam itu. Dua lajur rel ditempatkan pada suatu medan yang relatif landai. Pada satu sisi rel digunakan untuk barisan gerbong yang berisi muatan batubara sementara sisi yang lain untuk gerbong kosong menuju tambang. Barisan gerbong tersebut ditambatkan seutas kabel yang tertambat pada mesin penarik kabel yang ada di bagian atas supaya pergerakannya terkendali. Saat gerbong berisi muatan batubara diturunkan ke bawah, maka pada saat yang bersamaan barisan gerbong kosong dikerek ke atas menuju lokasi penambangan (Van Lier, 1917; 34-30).
Proses pencucian batubara yang melibatkan tenaga kerja perempuan (sumber : 100 Tahun Tambang Batubara Ombilin) |
Sederhana namun efisien. Begitulah gambaran dari kegiatan
pengolahan batubara di Sawahlunto sesudah diangkut keluar dari tambang.
Kegiatan penyetoran batubara, pemilahan, pemurnian, penampungan, dan penyaluran
batubara ke gerbong, semuanya terpadu dalam satu bangunan yang disebut bangunan
saringan. Sarana tersebut pertama kali dibangun pada tahun 1896 dengan konstruksi dari besi. Memanfaatkan
keadaan medannya yang berbukit, bangunan saringan dibuat bertingkat dimana
tingkat paling atas adalah tempat masuknya gerbong berisi muatan batubara dari
tambang Sungai Durian. Di bagian ini, gerbong dimiringkan ke samping untuk menumpahkan
muatan batubara ke dalam mesin yang berada di bawahnya. Setelah muatannya tertumpah habis, lori
tersebut kemudian dibawa kembali menuju tambang. Mesin tersebut akan meremuk dan memilah batubara menjadi tiga jenis
berdasarkan ukurannya yakni ;
(1) batubara kasar (stukkolen) yang memiliki diameter bulir lebih dari 30 mm. Sebagian besar batubara jenis ini dikirim ke luar negeri dan sisanya menjadi bahan bakar untuk kereta api Staatspoorwegen yang beroperasi di dataran tinggi.
(2) batubara halus (gruiskolen) bulirnya berdiameter antara 30 milimeter hingga 12 mm. Kegunaan batubara ini adalah sebagai bahan bakar kereta api Staatspoorwegen yang beroperasi di dataran rendah dan industri semen di Padang menjadikannya sebagai salah satu bahan pembuatan semen.
(3) batubara debu (fijnkolen) yang diameter bulirnya di bawah 12 m. Batubara abu jenis ini dikonsumsi sendiri untuk bahan bakar pembangkit listrik tambang.
Setelah
dipilah, rangkaian pengolahan batubara akan berlanjut pada proses pemurnian dari material seperti endapan pasir, batu, atau tanah liat yang sesekali masih ikut terbawa. Pemurnian dilakukan dengan penyemprotan air pada barubara yang bergerak di atas konveyor. Untuk memastikan batubara betul-betul bebas dari kotoran, maka batubara selanjutnya dibersihkan secara manual oleh tenaga perempuan. Kotoran yang tertinggal akan dipungut dan dibuang wadah yang akan membawanya menuju bak pengendapan.
Pengendapan tersebut bertujuan untuk mendapatkan batubara ekstra kecil yang ikut
terbuang sehingga dampak pencemaran lingkungan dapat dikurangi. Batubara yang sudah dibersihkan selanjutnya disimpan ke wadah penampungan yang ada di tingkat lebih bawah. Masing-masing wadah diperuntukan sesuai jenis batubara yang telah dipilah. Di bawah wadah tersebut, terdapat katup yang bila dibuka akan memuntahkan batubara ke dalam gerbong-gerbong yang sudah menunggu di bawahnya. Setelah semua gerbong terisi penuh, barulah batubara diantar sampai ke pelabuhan (Van Lier, 1917; 49-50).
Gedung saringan lama (atap lengkung) dan gedung saringan baru (atap datar) pada tahun 1930an. (sumber : media-kitlv.nl) |
![]() |
Gedung Nieuwzeehuis (Saringan Baru) yang kini ditempati Pemadam Kebakaran dan Dinas Pariwisata Sawahlunto. |
![]() |
Mesin pemilah batubara. |
Seiring dengan meningkatnya jumlah produksi tambang batubara, maka mulai dilakukan upaya peningkatan kapasitas pengolahan dengan pendirian gedung saringan baru yang letaknya bersebelahan dengan gedung saringan lama pada tahun 1924. Proses pembangunannya dimulai dari bulan Mei 1924 oleh Technisch Bureau van het Departement van Koloniën (Biro Teknik Departemen Koloni), biro pemerintahan di bidang keteknikan yang pernah mendirikan instalasi serupa di Bukit Asam. Sementara itu peralatan dan komponen yang dipesan baru sampai di Sawahlunto pada bulan September 1926. Peralatan dan komponen yang dipasang antara lain mesin konveyor buatan Electrotechnische Industrie v/ Willem Smit & Co, mesin pembersih buatan Gewerkschaft Eisenhütte Westfalia, elevator listrik buatan N.V Gebr. Stork & Co's Fabriek van Hijschwerktuigen te Hengelo, serta peralatan mekanis dan kelistrikan lain dari Gewerkschaft Scliüchtermann & Kremer. Setibanya di Sawahlunto, satu persatu peralatan tersebut dirakit. Tahapan pembangunan gedung saringan baru tersebut selesai pada awal tahun 1927.
![]() |
Gerbong pertama dari Sawahlunto yang tiba di Padang (sumber : collectie.wereldculturen.nl) |
Tantangan berikutnya dalam kegiatan eksplotiasi
batubara di Sawahlunto ialah bagaimana membawa batubara tersebut ke pelabuhan
Emmahaven di Padang, pelabuhan terdekat dengan Sawahlunto serta bagaimana
membawa mesin-mesin berat yang dibutuhkan ke lokasi penambangan. Potensi
batubara di Sawahlunto akan berakhir sia-sia bila masih mengandalkan tenaga hewan untuk mengangkutnya. Hal ini terjadi karena saat musim hujan tiba, jalanan menjadi rusak sehingga sulit dilintasi pedati yang dihela hewan. Belum lagi dengan adanya ancaman penyakit pada hewan penarik yang akan menghambat kegiatan pengangkutan. Dengan kata lain, satu-satunya moda transportasi paling mendukung untuk
pengangkutan batubara dalam skala besar adalah kereta api yang mampu menarik
banyak gerbong dalam sekali jalan. Oleh karena itu, pemerintah kolonial mengutus
sebuah tim yang dipimpin oleh insinyur J.L. Cluysenaer pada 1873 untuk mencari
rute paling cocok. Bukan pekerjaan mudah untuk menemukan rute terbaik karena
secara geografis, kota Sawahlunto dengan Padang dipisahkan oleh tingginya pegunungan
Barisan. Cluysenaer merampungkan surveynya pada tahun 1875 dan mengusulkan rute
dari Padang, menembus pegunungan Bukit Barisan, melalui Solok, dan berhenti di
Sawahlunto. Namun usulan tersebut ditolak pemerintah dengan alasan biaya
pembangunannya terlampau tinggi dan pemerintah tidak sanggup membiayainya. Akhirnya
Cluysenaer meninjau kembali hasil survey sebelumnya dan mendapati rute yang
memutar lebih jauh namun biaya pembangunannya relatif terjangkau, yakni dari
Padang, ke Padang Panjang, menyusuri Danau Singkarak, melalui Sawahlawas, dan sampai
di Sawahlunto. Rencana rute tersebut diterima oleh pemerintah pada tahun 1878
namun pembangunannya belum bisa dilakukan secepatnya karena selain dana belum
tercukupi, juga ada perdebatan mengenai siapakah yang akan bertanggung
jawab dalam pembangunan dan pengelolaanya, apakah akan diserahkan kepada swasta
atau dilaksanakan sendiri oleh pemerintah.
Perdebatan selama hampir satu dekade
tersebut berakhir pada tahun 1887, dimana pembangunan dan operasional jalur
akan dilaksanakan sendiri oleh pemerintah. Tahun 1891, proses pembangunan
dimulai dengan pengawasan dari insinyur J.W. Ijzerman dan pembangunannya tuntas
pada tahun 1894. Kereta yang hilir mudik menyusuri rel akhirnya menjadi pemandangan baru. Pada perkembangannya, keberadaan jalur kereta api di tanah Minangkabau ini tidak hanya dimaksudkan untuk kepentingan pengangkutan batubara semata, namun juga
meningkatkan kemakmuran pada kota-kota yang dilaluinya. Di kota-kota yang
menjadi titik pemberhentian termasuk Sawahlunto, didirikan stasiun sebagai
tempat menaik turunkan penumpang. Kendati bentuk stasiun Sawahlunto tidak
terlihat mewah, namun dari sanalah pembukaan jalur kereta api di Sumatera Barat
bermula (Anonim, 50-53).
![]() |
Cerobong sisa pembangkit listrik Mudik Air. |
![]() |
Sisa PLTU Salak. |
![]() |
Kantor tambang. |
![]() |
Gedung kantor tambang pada masa lalu. Terlihat pada bagian atap terdapat jendela dormer yang saat ini sudah tidak ada lagi (sumber : media-kitlv.nl) |
Tambang batubara sebesar Sawahlunto tentu membutuhkan
banyak tenaga manusia untuk menjalankannya, baik sebagai tenaga ahli maupun
kuli kasar. Jajaran tenaga ahli yang sebagian besar diisi oleh orang Eropa
terdiri dari insinyur, ahli mesin, staf administrasi, peneliti, dokter, dan
lainnya. Pada awalnya, perusahaan sempat kesulitan untuk memperoleh tenaga
ahli tersebut mengingat tambang bukanlah sektor perekonomian unggulan baik di
Belanda maupun di Hindia-Belanda. Sementara itu, tenaga kasar secara etnis
terdiri dari orang Melayu, Nias, Tionghoa dan Jawa. Sama halnya ketika memperoleh tenaga ahli,
proses pencarian tenaga kasar juga menemui kendala karena masyarakat sekitar
tidak berminat untuk bekerja di sana. Oleh karena itu, perusahaan tambang
mendatangkan tenaga kasar dari daerah lainnya. Mereka diberi durasi kontrak
kerja dimulai dari tanggal kedatangan mereka ke Sawahlunto dan berakhir tiga
tahun berikutnya tepat pada tanggal yang sama dengan tanggal kedatangan mereka.
Saat mereka tiba di Padang, mereka dikarantina terlebih dahulu selama beberapa
hari di pelabuhan sebagai antisipasi jika mereka membawa penyakit menular.
Setibanya di Sawahlunto, mereka sekali lagi diperiksa kondisi jasmaninya di
rumah sakit (Van Lier, 1917 ;
60-61). Sebagai tambahan, perusahaan tambang batubara Ombilin juga mengambil pekerja dari narapidana buangan yang menjalani hukuman kerja paksa di
sini. Mereka inilah yang dikenal sebagai ‘Orang Rantai’ karena selama bekerja,
mereka dirantai satu sama lain supaya tidak kabur. Salah satu narapidana yang
dijatuhi hukuman kerja paksa di Sawahlunto adalah Samin Sursentiko, pelopor ajaran Samin yang berkembang di daerah Blora, Jawa Tengah.
![]() ![]() ![]() |
Rumah-rumah yang ditempati oleh pegawai tambang. |
![]() |
Bekas rumah dinas dokter rumah sakit tambang. |
![]() ![]() |
Kompleks perumahan untuk kuli tambang. (sumber : media-kitlv.nl) |
![]() |
Salah satu rumah yang dahulu ditempati oleh kuli tambang. |
Selain rumah pegawai perusahaan, di Sawahlunto juga didirikan rumah
tinggal untuk pegawai dinas pegawai pemerintahan kolonial. Semaraknya kegiatan penambangan di Sawahlunto telah mengundang banyak orang untuk menetap di Sawahlunto. Sejak tahun 1904, Sawahlunto telah menjadi suatu wilayah administrasi yang berstatus sebagai Onderafdeeling. Selain sudah memiliki lembaga pemerintahan, Sawahlunto juga memiliki lembaga Pengadilan Negeri yang dibentuk pada tahun 1917 dan setahun berikutnya dibentuk Gemeenteraad atau Dewan Kotapraja Sawahlunto. Namun Gemeenteraad Sawahlunto hanya bertahan sampai tahun 1924 (Lindayanti, dkk. 2017 ; 57-59).
![]() |
Dapur umum yang saat ini menjadi Museum Gudang Ransum. |
![]() |
Dandang besar yang digunakan untuk memasak nasi. |
Untuk menjaga kesehatan jasmani para kuli, didirikan
rumah sakit yang mampu merawat 600 hingga 800 pasien. Pegawai rumah sakit
terdiri dari seorang dokter Eropa sebagai kepala, 4 dokter Jawa, sejumlah ahli
bedah dan perawat. Para kuli terus-menerus dipantau kesehatannya di sini untuk memastikan mereka
tidak terinfeksi
oleh cacing tambang.
Dengan fasilitas yang lengkap dan tenaga yang terlatih, rumah sakit tersebut
menjadi rumah sakit terbesar dan termaju di wilayah pedalaman Sumatera Barat
sehingga rumah sakit tersebut menjadi rujukan bagi masyarakat lainnya.
Keterbatasan lahan menyebabkan rumah sakit tersebut didirikan di lereng bukit yang
tidak rata tanahnya (Van Lier, 1917;63).
![]() |
Hotel Ombilin. |
![]() |
Sosieteit Gluck Auf yang sekarang menjadi Pusat Kebudayaan Sawahlunto. |
![]() |
Bekas koperasi Ons Belang. |
![]() |
Kerkhof Sawahlunto. |
Dalam beberapa tahun, Sawahlunto yang semula hanyalah lembah persawahan nan sunyi, berubah menjadi kota
tambang yang berkarakter unik jika dibandingkan kota kolonial lainnya. Salah
satu ciri utama kota tambang adalah lokasinya yang ditentukan berdasarkan
potensi sumberdayanya sehingga bukan hal aneh bila kota tersebut terletak di tempat yang
terpencil dan sulit untuk dibangun (Bell,2002; 27-28). Berkat perencanaan yang
cermat, kota Sawahlunto akhirnya sanggup berkembang menjadi kota yang memiliki
beragam fasilitas umum seperti hotel, sosieteit, koperasi, dan permakaman
meskipun terhalang oleh keadaan medan. Keberadaan Hotel Ombilin yang dibangun
pada tahun 1918 menunjukan bahwa Sawahlunto sudah menjadi tujuan persinggahan
orang-orang luar meskipun tamu hotel kebanyakan adalah pegawai pemerintah,
insinyur tambang atau inspektur. Gedung Societeit Gluck Auf dibangun pada tahun 1910 sebagai oase hiburan
di tengah kota yang terkungkung lembah. Selepas bekerja, pegawai dari kalangan
Eropa bisa berkunjung ke gedung yang namanya diambil dari salam penambang
Jerman tersebut untuk bersosialisasi dan berkumpul atau menghibur diri dengan
berdansa, bernyanyi, dan menonton pertunjukan. Sementara itu, koperasi Ons
Belang dibuka tahun 1920 oleh perusahaan tambang sebagai tempat menyediakan
barang dengan harga wajar dan pasti. Koperasi ini menjadi penyelamat pekerja
dari ulah pedagang pasar yang acap menaikan harga barang secara mendadak saat
hari pembayaran upah pekerja tiba sehingga menyulitkan pekerja yang berniat
untuk menabung. Keberadaan suatu permukiman tentu diikuti dengan tempat
menguburkan orang yang sudah meninggal. Di Sawahlunto, orang-orang Eropa
dimakamkan di permakaman khusus orang Eropa atau Kerkhof yang ada di punggung bukit. Sayangnya makam-makam di
Kerkhof tersebut sudah banyak yang hilang prasastinya. Sementara itu, para kuli
dikuburkan di sembarang tempat dan diberi penanda berupa patok yang hanya
memuat nomor registrasinya.
![]() |
Rumah Pek Sing Kek yang berada di pecinan Sawahlunto. |
![]() |
Gedung komidi yang saat ini menjadi pegadaian. |
![]() |
Suasana pecinan Sawahlunto di masa lalu. (sumber : media-kitlv.nl) |
![]() |
Gereja Santa Barbara Sawahlunto. |
![]() |
Susteran dan sekolah. |
![]() ![]() |
Contoh bangunan lama yang diadaptasi menjadi museum |
Berkah batubara di lembah Ombilin telah mengubah suatu lembah antah berantah menjadi suatu kota dengan saujana yang
tidak lazim di Minangkabau. Selepas kemerdekaan, kegiatan penambangan memasuki masa-masa sulit. Produksi tambang menurun karena rusaknya sarana transportasi selama perang. Negara Indonesia yang saat itu masih belia belum cukup mampu mengelola dan memulihkan tambang. Saat seluruh insinyur Belanda di Sawahlunto dievakuasi pada Desember 1949, 4 orang insinyur tetap diminta tinggal di sana (De Maas-bode, 17 Januari 1950). Proses penambangan selanjutnya dilanjutkan oleh perusahaan tambang
yang dinasionalisasi oleh pemerintah RI pada tahun 1950 dan kini dikenal
sebagai PT. Bukit Asam (Persero). Sayangnya, kemakmuran dari suatu kota tambang
umumnya tidak dapat berumur lama. Dengan berlalunya waktu, cadangan batubara
mulai menyusut dan jikapun masih ada cadangan besar, butuh eksplotiasi dengan biaya
yang lebih besar. Belum lagi kegiatan eksploitasi tambang sangat bergantung
pada permintaan pasar yang tidak menentu ditambah saat ini sudah ada sumber bahan bakar yang lebih bersih dibanding batubara. Kegiatan penambangan lambat laun mulai
meredup sementara perekonomian juga ikut merosot. Ketika proses penambangan terhenti sama sekali, maka kota tersebut mulai berada di titik nadirnya. Kota mulai ditinggalkan penduduknya dan fasilitas yang telah lama berdiri dibiarkan terbengkalai. Kejayaan tambang batubara Sawahlunto memang telah berlalu namun bukan berarti riwayat kota tersebut usai. Kehidupan kota Sawahlunto terus berjalan dengan mengubah haluan perekonomian. Kini bukan batubara lagi yang menjadi andalan utama Sawahlunto, melainkan sektor pariwisata
yang menawarkan kekayaan tinggalan sejarah tambang batubara. Untuk mendukung sektor
tersebut, dilakukan sejumlah pemugaran terhadap sejumlah tinggalan sejarah di
Sawahlunto sejak tahun 2005. Setelah redup sekian lama, kota yang lahir dalam
semangat zaman uap tersebut kini kembali membara dengan statusnya sebagai
Warisan Dunia yang resmi disandang sejak tahun 2019. Status yang disandang
tersebut tentunya bukan sekedar untuk mengangkat kembali nama Sawahlunto belaka, namun juga merupakan tanggung jawab yang lebih besar terhadap pelestarian warisan budaya di
Sawahlunto yang kini nilai pentingnya tidak hanya diakui oleh bangsa Indonesia
saja namun juga oleh dunia.
Referensi
Anonim. 1937. Vijf en Twintigjaar Padang-Missie
Anonim. Nederlansch Indische Staatspoor en Tramwegen. Nederlands Welvaart.
Bell, Peter. 2002. "The fabric and structure of Australian mining settlements" dalam Knapp, Bernard. A, dkk (ed). Social Approaches to an Industrial Past. London : Routledge
Ir. A. Guyot van Der Ham. Het
nieuwe zeefhuis der Ombilinsteenkolenmijnen te Sawah Loento dalam De Ingeneur 28 Agustus 1926 no. 35 halaman 724-729.
Ir. R.J. Van Lier. 1917. De Steenkolenindustrie. Haarlem : H.D. Tjeenk Willink & Zoon.
Freese, Barbara. 2003. Coal, A Human History. New York : Basic Book.
Greve, W.H. de. 1907. Het Ombilin-kolenveld in de Padangsche Bovenlanden en het
Transportstelsel op Sumatra Westkust. Batavia : Landsdrukkerij.
Lindayanti, dkk. 2017. Kota Sawahlunto, Jalur Kereta Api & Pelabuhan Teluk Bayur. Padang : Minangkabau Press.
De Maas-bode, 17 Januari 1950
Saya suka sekali dengan isi tulisan dan gambarnya.
BalasHapusBagus sekali tulisan dan foto-fotonya. Salut!
BalasHapusBerkah Dalem mas
BalasHapusBerisi dan padat
BalasHapus