Ia adalah salah satu pecinan termakmur di Jawa, bertaburkan kelenteng –klenteng tua yang menawan. Seperti pasang surut rob yang kerap menggenanginya, demikian juga yang dia alami di masa lalu. Hari ini, ia berusaha tetap tegak berdiri menghadapi pembangunan kota yang bertubi-tubi menderanya. Inilah kisah saya di Jejak Kolonial, ikhtisar melawat kembali jejak Pecinan Semarang…
Ruko-ruko di Jalan Petudungan yang masih tampak asli. |
Panas sengatan matahari dan semrawutnya jalanan kawasan Pecinan Semarang siang itu tidak menyurutkan langkah saya untuk menjelajahi kawasan padat yang sarat dengan bangunan komersil. Mereka berdiri berimpitan satu sama lain dan nyaris tak menyisakan ruang sedikitpun. Walau jejeran ruko itu sudah berganti topeng, namun di antaranya masih terlihat sisa tembok samping atap berbentuk seperti kipas atau shan yang dibuat melebihi tinggi atap bangunan, tujuannya untuk melindungi dari bahaya kebakaran. Di rumah-rumah toko itulah, dulu orang-orang Tionghoa berhuni sekaligus mencari rejeki. Dalam literatur “Indonesia Heritage : Aristektur“, J.Widodo menyebutkan bahwa deretan ruko-ruko yang berdiri memanjang di sepanjang jalan sempit ini merupakan bentuk permukiman yang lazim di Provinsi Guangdong, Tiongkok Selatan. Bukan tanpa sebab, karena sebagian besar pendatang Tionghoa di Semarang memang berasal dari sana. Wujud luarnya sekilas memang masih terlihat serupa dengan yang ada di kampung halaman mereka, namun tentunya ada sedikit perbedaan demi penyesuaian lingkungan. Sebut saja adanya penggunaan jendela krepyak atau penggunaan kanopi yang disokong oleh tiang-tiang besi.
Sekalipun banyak ruko-ruko itu yang wajah depannya telah bersalin rupa, namun bentuk atapnya yang khas tidak mampu menyembunyikan jati diri sebenarnya. Perubahan wajah itu merupakan buah dari kebijakan pemerintah Orde Baru yang secara arogan berusaha menyeragamkan bangunan di kawasan ini. Berkembangnya kepentingan komersil juga menjadi penyebab lain rusaknya citra kawasan tersebut. Bayangkan saja, tepat di samping sebuah rumah tua bergaya Tionghoa yang hanya dibatasi oleh dinding saja, akan didapati sebuah gedung baru berjendela kaca besar nan silau dengan gaya arsitektur yang “pasaran”. Selain itu, atas nama pembangunan kota, banyak rumah yang harus bagian depannya dipotong karena terkena dampak pelebaran jalan, jika ada pelebaran sungai hal serupa jugaakan menimpa bagian belakang rumah. Rumah-rumah di Jalan Petudungan adalah korbannya. Di tahun 1980an, guna mengatasi masalah banjir, beberapa wilayah Pecinan yang harusnya dilindungi, akhirnya dikorbankan untuk pelebaran sungai. Apabila ke sana, dapat kita jumpai beberapa bangunan yang telah terpenggal dan menyisakan lebar rumah yang sangat sempit. Sayangnya, pelebaran sungai yang akhirnya memakan beberapa badan bangunan di Jalan Petudungan itu berakhir sia-sia, karena ternyata banjir tetap terjadi. Jikapun masih utuh, kebanyakan rumah itu ditinggalkan dalam kondisi kosong dan terlantar. Lingkungan yang semakin buruk membuat semakin banyak yang enggan berhuni di sini dan memilih menetap jauh di pinggiran kota. Alhasil, Pecinan Semarang di siang hari ramai bak pasar, namun di malam hari ia akan berubah menjadi kota hantu yang senyap dan gelap. Saya akhirnya hanya bisa menatap nanar pada bangunan ruko-ruko tua malang dengan takdir yang suram itu.
Bagian belakang rumah-rumah di Pecinan Semarang yang berbatasan dengan Kali Semarang. |
Suasana jalan Gang Warung pada awal tahun 1900an. |
Peta Pecinan Semarang atau Chineshe Kamp pada peta Semarang tahun 1909. Terlihat Bale Kambang (kotak biru , di sebelah kiri Gang Belakang), masih belum ditimbun. |
Sembari merunut ruwetnya gang-gang di dalam area pecinan, saya berusaha mengingat kembali sejarah asal usul pecinan ini. Nun jauh sebelum pecinan ini ada, pada mulanya orang Tionghoa di Semarang bermukim di sekitar lokasi yang sekarang dikenal sebagai Gedong Batu, lokasi berdirinya kelenteng Sam Poo Kong. Sekitar tahun 1400an awal, sebuah kapal jung berukuran besar membuang sauhnya di muara Sungai Garang. Kapal itu membawa seorang laksamana muslim sekaligus utusan wangsa Ming, Cheng Ho. Dari bandar ke bandar, ia berlayar membawa pesan diplomatik dari Kaisar Tiongkok yang membiayai pelayarannya. Pelayaran akbar itu harus berhenti sejenak di dekat Semarang lantaran salah seorang awaknya yang bernama Ong King Hong, tiba-tiba jatuh sakit. Dengan kapal kecil, beberapa awak kapal ini menyusuri sungai sampai di sebuah gua di Simongan dan tinggal sejenak untuk merawat rekan yang sakit. Setelah pulih, beberapa awak termasuk Ong King Hong memilih bermukim di sini, sementara Cheng Ho meneruskan pelayarannya. Di belakang hari, permukiman yang didirikan oleh para anak buah kapal Cheng Ho tadi semakin berkembang dengan kedatangan para perantau dari Tiongkok yang berusaha meraih asa di tanah rantau atau melarikan diri dari penguasa zalim. Merunut tulisan Liem dalam buku “Riwajat Semarang”, Semarang saat itu “masih berupa sebuah tegalan dengan beberapa rumah penduduk pribumi dan sangat tidak sehat karena letaknya berdampingan dengan rawa-rawa “. Permulaan abad ke-17, Semarang kedatangan pendatang baru lainnya, kali ini dari Belanda. Pendatang baru ini rupanya bukan pendatang yang baik sebab setiap kapal yang memasuki sungai ditarik bea oleh mereka. Merasa kesal atas tingkah pendatang baru tadi, orang-orang Tionghoa menyerang tangsi Belanda namun gagal. Agar mereka mudah diintai, kompeni memaksa mereka memindahkan pemukimannya dari Simongan ke Semarang Liem Thian Joe, 1931 : 2-6). Semula mereka bertempat tinggal di sisi timur sungai. Berikutnya di tahun 1740, mereka lagi-lagi dipindahkan ke seberang barat sungai. Sejak saat itu, pecinan Semarang tidak berpindah lagi dan perlahan mulai tumbuh dalam wujud seperti yang dikenal sekarang.
Ruko-ruko Gang Pinggir yang telah berganti wajah. Walaupun sudah berganti, namun bentuk atap ruko-ruko kecil terlihat masih asli. |
Di tempat barunya, orang-orang Tionghoa mendirikan rumah mereka dengan bahan yang juga dipakai oleh rumah orang pribumi seperti papan kayu atau anyaman bambu. Karena tidak ada perencanaan, maka bentangan jalan yang ada tidak lurus benar dan lebarnyapun tidak sama. Permukiman itu pertama kali dibangun di sepanjang Gang Beteng (Sin-kee), Gang Warung (A-Long-Kee), dan Gang Pinggir (Tang-Ke). Pemukiman ini mengelilingi dan menghadap ke sebuah tanah terbuka dengan sebuah kolam yang dikenal sebagai Bale Kambang. Bale Kambang ini dipercaya sebagai pusat energi terbesar di Semarang dan mereka percaya Bale Kambang ini dapat memberi kemakmuran bagi mereka. Sebab itulah bangunan-bangunan di kawasan Pecinan berpaling dari Sungai Semarang (Pratiwo, 2010;52). Seiring berjalannya waktu, semakin banyak perantau Tionghoa yang datang ke Semarang untuk mencari peluang atau memperbaiki nasib. Mereka mendirikan permukiman di tengah-tengah pecinan sehingga lama kelamaan, tanah terbuka di tengah pecinan semakin berkurang, dipenuhi oleh deretan rumah-rumah dan akhirnya menjadi perkampungan baru. Di tengah perkampungan itu, muncul gang-gang baru seperti Say-kee (Gang Blumbang/Gang Belakang), Ting-ouw-kee (Gang Gambiran), Pecinan
Tengah (Gang Tengah), Pan-shia (Jalan
Beteng), Moa-phay-kee (Gang Mangkok),
Hoay-kee (Gang Cilik). Sementara itu, Bale Kambang kemudian diurug pada tahun 1966 karena menjadi sarang nyamuk malaria.
Dengan berdagang aneka barang seperti mangkok, sutera, piring, dan lain-lain, penghidupan mereka di sini semakin baik. Mereka akhirnya dapat mendirikan rumah dengan bahan lebih kuat seperti batu dan genting yang kala itu harganya termasuk dalam kategori mahal karena masih sukar diperoleh. Karena belum adanya tenaga untuk membangun rumah-rumah mereka, maka tenaga tukang bangunan dari Batavia didatangkan ke Semarang. Semakin majunya perdagangan menjadikan semakin banyaknya petak-petak rumah toko yang dibangun. Dengan bangunan yang dibuat dalam gaya seperti bangunan di negeri leluhur mereka, kawasan padat penduduk itu menjelma menjadi semacam kota Tiongkok kecil, sehingga ketika orang memasuki kawasan tersebut, mereka seolah-olah tidak di Semarang lagi, melainkan berada di sebuah kota dinegeri Tiongkok sana. Kawasan pecinan Semarang akhirnya menjadi pusat perekonomian yang ternyata jauh lebih ramai ketimbang kawasan Eropa. "Di jalan-jalan yang penuh dengan rumah berderet-deret yang membingungkan", tutur Liem Thian Joe, "ada banyak terdapat banyak toko-toko Tionghoa, di mana perdagangan ada sangat ramai, karena verkoper (penjual) dari berbagai firma dan makelar hilir mudik melakakukan pekerjaanya" (Liem, 1931; 254).
Situasi Pecinan Semarang puluhan tahun silam. (Sumber : colonialarchitecture.eu )
|
Gapura ke kompleks perkuburuan Tionghoa di Semarang ( sumber : media-kitlv.nl ). |
Saya kemudian menelusuri Gang Baru. Di gang kecil itu, berjejal
para pedagang yang menjual aneka barang dagangan. Kebanyakan adalah bahan-bahan
makanan seperti bumbu dapur, daging, ikan, dan sayur mayur. Di ujung selatang
gang baru, terdapat Kelenteng Siu Hok Bio atau Tjap Kauw King, kelenteng perdana
di Pecinan Semarang yang didirikan tahun 1753 secara bergotong royong oleh
penduduk Pecinan. Didirikan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur penduduk
pecinan kepada Dewa Bumi, Thouw Tee Kong/ Tu Di Gong atas berkah kemakmurannya.
Pendirian kelenteng itu ditanggung bersama-sama oleh penduduk pecinan.
Toapekong atau patung dewa didatangkan dari Tiongkok. Setelah patung itu tiba,
diadakanlah pesta dan perjamuan yang meriah walaupun tanpa pentas wayang potehi
karena dalang wayang itu belum ada di Semarang. Letaknya yang berada di depan
pertigaan diyakini dapat melindungi pecinan ini dari energi jahat (Liem, 1933;
27).
Kelenteng Ling Hok Bio pada awal tahun 1900an. |
Kelenteng Ling Hok Bio, dibangun tahun 1866 oleh penduduk Gang Besen. |
Kelenteng Tek Hay Bio atau TITD Sinar Samudera. Kelenteng ini adalah klenteng kedua yang dibangun di Pecinan Semarang. Klenteng dibangun oleh penduduk Tionghoa untuk mengenang Kwee Lak Kwa. Pekarangan depan klenteng ditinggikan karena Kali Semarang dahulu kerap banjir. Di masa awal klenteng berdiri, klenteng ini memiliki bidang tanah di Gambiran dan Pekojan. |
Kelenteng Tong Pek Bio. Dibangun pada 1782 oleh Tuan Khouw Ping.
|
Kelenteng Hoo Hok Bio yang dibangun pada tahun 1792. |
Masyarakat Tionghoa kala
itu sangat percaya bahwa dengan semakin banyak kelenteng, maka semakin banyak
kebaikan yang akan dibawa. Selepas mendirikan kelenteng Tjap Kauw King,
beberapa kelenteng barupun dibangun di dalam Pecinan Semarang seperti Kwee Lak Kwa
(Tek Hay Bio), Tang Kee (Tong Pek Bio),May Phay Phee (Ho Hok Bio), dan
Ling Hok Bio. Klenteng Kwee Lak Kwa dibangun oleh marga Kwee tiga tahun setelah
pembangunan Klenteng Tjap Kauw King. Klenteng Tang Kee atau Tong Pek Bio
dibangun tahun 1782 oleh Khouw Phing. Karena kebanyakan klenteng terletak di
sebelah selatan pecinan, maka penduduk di utara pecinan mendirikan Klenteng Hoo
Hok Bio pada 1792. Walau setiap kelenteng tersebut memiliki
pernik yang berbeda, namun secara umum,
kelenteng-kelenteng tersebut
termasuk jenis kelenteng satu unit
atau jian yang
sederhana karena keterbatasan lahan.
Jian adalah ruang persegi empat yang diberi dinding
atau hanya dibatasi kolom. Kelenteng semacam
ini memiliki dua jian,
yakni serambi depan dan bangunan utama. Bangunan serambi depan terlihat seperti sebuah pendopo yang
ditopang oleh empat kolom bujur sangkar yang sisi-sisi sudutnya ditumpulkan (mu jioa fu). Atap bangunan serambi
depan memiliki struktur pemikul atap terbuka yang disebut che shang ming zao yang diukir. Bangunan utama memiliki denah bujur
sangkar dengan pintu satu pintu masuk yang menghadap ke utara. Dindingnya terbuat dari batu bata.
Sementara bagian atap berbentuk sepert jurai ekor walet atai yanwei yang menjadi ciri arsitektur
Minnan. Bentuk atap seperti ini hanya diperuntukan untuk pejabat kekaisaran dan
tempat ibadah. Bangunan utama memiliki jendela peninjauan yang disebut kan chuang. Di dalam bangunan utama,
terdapat miniatur bangunan yang disebut ya
jiao zhang sebagai tempat menaruh arca Dewa Bumi yang menjadi tuan rumah
kelenteng.
Klenteng Tay Kak Sie. |
Kelenteng Tay Kak Sie tempo doeloe.
|
Klenteng Tay Kak Sie dan gedung Kong Tik Soe tempo dulu (Sumber : colonialarchitectute.eu).
|
Kelenteng Tay Kak Sie diperbaiki pada tahun 1814 oleh kapitan Tan Tian Tjhing karena kondisi kelenteng sudah menua. Saat terjadi Perang Jawa, penduduk Pecinan Semarang menjadikan kelenteng Tay Kak Sie sebagai tempat perlindungan. Kelenteng Tay Kak Sie diperbaiki lagi pada tahun 1845 karena bangunan kelenteng sudah menunjukan tanda kerusakan. Biaya perbaikannya diperoleh dari pungutan derma pada penduduk Tionghoa di Jawa Tengah. Nama-nama dermawan yang menyumbang dapat dilihat pada daftar nama yang tertera pada sebuah batu prasasti di pojok barat klenteng. Jumlah penderma seluruhnya ada 123 orang dengan jumlah sumbangan bervariasi. Penderma terbanyak adalah Mayor Soei Goan atau Tan Hong Yan yang menyumbang uang sebesar 12.000 gulden. Pada tahun 1851, Kelenteng Tay Kak Sie memiliki patung Poo Sing Tay Tee yang dipesan oleh Mayor Tan Tjong Hoay. Setiap tahun diadakan kirab patung Poo Sing Tay Tee yang diadakan pada tanggal 1 bulan kelima dalam kalender Tionghoa. Kirab tersebut kadang dikenal juga sebagai Sam Poo kecil karena kirab Poo Sing Tay Tee lebih sederhana dibandingkan kirab Sam Poo Kong. (De Locomotief 18 Juni 1928).
Bagian depan Kong Tik Soe, dulunya tempat para dewan kongkoan bertemu.
|
Gedung Kong Tik Soe tempo dulu. |
Bekas Tiong Hoa Hwee Koan. |
Di Gang Tengah, terdapat sebuah gedung yang sekarang menjadi
klinik yayasan Tunas Harum Harapan Kita. Gedung itu dulunya adalah gedung bekas
sekolah Tiong Hoa Hwee Koan yang
mulai buka sejak tahun 1904. Sekolah itu didirikan atas prakarsa orang-orang
Tionghoa sebagai upaya mengembangkan sekolah modern untuk kalangan Tionghoa. Tiong Hoa Hwee Koan ini dibentuk untuk
menggantikan sekolah Tionghoa model lama yang disebut Gie Ook yang kolot karena anak-anak yang bersekolah di situ hanya
libur lima hari dalam setahun dan bersekolah dari pagi sampai sore (Liem,
1933; 210). Kemunculan sekolah Tiong Hoa Hwee Koan mendesak pemerintah
kolonial untuk membuka sekolah Hollandsch Chinese School yang akhirnya
menjadi saingan sekolah Tiong Hoa Hweee Koan.
Kediaman Be Biauw Tjoan. Beranda depan terlihat menggunakan kolom-kolom Yunani, pengaruh dari arsitektur Indis (sumber : colonialarchitecture.eu).
|
Dari kelenteng Siu Hok Bio, saya memutuskan berpindah ke kampung
Sebandaran yang ada di seberang selatan sungai. Mengapa disebut Sebandaran ?
Karena di sana pernah terdapat rumah milik seorang pemegang pachter atau
bandar yang bernama Tan Tiang Tjhing. Maka disebutlah tempat itu sebagai
Sebandaran. Di sana pernah berdiri dua rumah megah milik dua orang pemuka
Tionghoa yang menjulang laksana istana, menjadikannya bangunan termegah dan
terindah di pecinan Semarang. Rumah-rumah itu milik dua orang Tionghoa kaya di
Semarang, yakni Tan Tiang Tjhing dan Be Ing Tjioe. Tan Tiang Tjhing yang
berhasil mengembangkan usaha ayahnya membangun sebuah rumah indah bergaya
Tionghoa di atas bekas gudang gula (Liem, 1933; 96). Bergeser ke timur, pernah
terdapat rumah megah lain milik Kapitan Be Ing Tjioe yang sebelumnya pernah
menjadi kapiten Tionghoa di Purworejo. Ia membantu bisnis amfiun milik Tan
Tiang Tjhing di Bagelen dan sekembalinya ke Semarang, Be Ing Tjioe mendirikan rumahnya pada tahun 1838 dalam gaya yang mirip dengan rumah milik Tan Tiang Tjhing. Kesamaan dari kedua rumah tersebut adalah menggunakan atap berjurai seperti ekor walet atau yan-wei yang hanya boleh dipakai pada rumah pejabat kekaisaran atau tempat ibadah. Raja Siam, Chulalongkorn ketika melawat di Semarang
pernah bertandang ke kediaman Be Ing Tjioe yang saat itu sudah dihuni oleh
putranya, Be Biauw Tjoan. Rumah Be Biauw Tjoan itu dikelilingi dengan kebun
yang indah dan dari situlah asal nama kampung Kebon Dalem (Liem, 1933; 125). Rumah tersebut kemudian dimiliki Soei-Bie Stichting, yayasan milik Be Biauw Tjoan. Sejak tahun 1913, bangunan dengan 60 kamar tersebut digunakan sebagai sekolah Tiong Hoa Hwee Koan. Lahan dan bangunan rumah Be Biauw Tjoan kemudial dijual setelah Bank Be Biauw Tjoan mengalami kebangkrutan pada tahun 1927. Lembaga Katolik St Maria-stichting kemudian membeli bangunan tersebut pada tahun 1936 karena saat itu kegiatan misi Katolik mulai menyasar penduduk Tionghoa di Semarang (De Locomotief, 3 Desember 1936). Kompleks Kebon Dalem kemudian menjadi sekolah dan gereja Katolik yang ditasbihkan pada 16 Desember 1937 oleh Mgr. Willekens dan kemudian menjadi cikal dari Paroki Kebon Dalem (De Locomotief 14 Desember 1937). Patut disayangkan jika bangunan tersebut akhirnya dibongkar dan diganti dengan sebuah bangunan gereja padahal seandainya masih dilestarikan dengan baik, bangunan tersebut dapat menjadi ikon Pecinan Semarang yang menawan.
Kali Semarang tahun 1900an. Kebanyakan ruko-ruko di Pecinan Semarang dibangun membelakangi sungai.
|
Kelenteng See Hoo Kiong.
|
Kelenteng Hwie Wie Kiong atau Tan Seng Ong. |
Masih di Sebandaran, di sana saya menjumpai dua kelenteng yang
kemegahannya mungkin melampaui Kelenteng Tay Kak Sie. Kelenteng yang
dimaksud yakni Tan Seng Ong dan Kelenteng See Hoo Kiong. Kelenteng Tan
Seng Ong dibangun tahun 1814 oleh Tan Tiang Tjhing dan diperuntukan bagi marga
Tan. Kelenteng ini termasuk kelenteng terbesar di kawasan Pecinan Semarang
karena tapak lahannya sangat luas. Tidak heran karena si pembangun kelenteng
sendiri adalah orang terkaya di masanya. Beringsut ke barat, ada kelenteng See
Hoo Kiong yang dibangun oleh marga Liem pada 1881 untuk didedikasikan kepada Ma
Tjouw Kiong atau Dewi Laut. Alih-alih dicat warna merah emas seperti kelenteng
lain, kelenteng itu justru masih mempertahankan keaslian warnanya yang coklat gelap.
Kelenteng See Hoo Kiong tergolong kelenteng dengan status tinggi jika menilik
jumlah undakan tangganya. Kendati demikian, dua kelenteng tadi tak seramai
kelenteng Tay Kak Sie, apalagi Sam Poo Kong lantaran letaknya yang
tersembunyi di sebuah jalan kecil sehingga tak banyak orang yang mengetahuinya.
Bekas kediaman Kapiten Kwee Lian Tjong. |
Bekas rumah lama keluarga Liem. |
Eks Villa Keluarga Liem rancangan Schoemaker yang sempat digunakan untuk pondokan PHI. |
Rumah Kopi Wotgandul. Masih berada di dalam lingkungan Pecinan, rumah ini terlihat unik karena menonjolkan arsitektur Indis ketimbang arsitektur Tionghoa yang banyak terlihat pada bangunan di Pecinan. |
Lawatan saya di pecinan Semarang saya tuntaskan di hadapan sebuah
rumah tua di Wotgandul yang masih terawat dengan baik. Dengan kolom-kolom art
deco di beranda depannya dan kolom klasik di balkonnya, rumah itu amatlah unik
karena langgam kolonial terlihat lebih menonjol ketimbang langgam Tionghoanya.
Atap pelananya dipermanis dengan hiasan kemucak yang dikenal sebagai
geveltoppen. Saya beruntung dapat berjumpa dengan Bapak Basuki Dharmowiyono,
pemilik dan penghuni rumah itu. Sehari-hari, ia berdagang biji kopi mentah di
samping rumahnya, mewarisi usaha leluhurnya yang sudah tiga generasi tinggal di
rumah itu. Di belakang rumah ini, terdapat bekas pabrik pengolahan kopi yang
dibangun oleh Tan Tiong Ie, kakek bapak Basuki, yang merintis usaha pengolahan
biji kopi di Cimahi sebelum pindah ke Semarang pada tahun 1925. " Di masa
jayanya, rumah ini kemudian direnovasi pada 1927. Beranda depan yang semula
sejajar dimajukan dan tiangnya diganti gaya art deco. Untuk arsiteknya, kakek
saya mempercayakan pada Liem Bwan Tjie. Selain itu, dia juga memesan altar
leluhur baru dari arsitek J.Th. van Oyen ", terang bapak Basuki sembari
menunjuk altar yang dimaksud. Dua nama yang disebutkan tadi merupakan arsitek
terpandang di masanya. Liem Bwan Tjie adalah arsitek modern pertama yang
berdarah Tionghoa. Sementara J.Th. van Oyen sudah membikin banyak bangunan
gereja di Semarang dan Jakarta. Dengan bersemangat, beliau kemudian
bertutur panjang lebar bagaimana ikhtiarnya untuk melestarikan bangunan
peninggalan leluhurnya. “Dalam pelestarian, saya menggunakan konsep CIUM, C
untuk Cinta, I untuk ilmu, U, untuk uang, dan M untuk Manajemen",
tuturnya. " Pelestarian tumbuh dari rasa cinta atau rasa ikatan emosional
pada tinggalan, kemudian kita harus tahu ilmunya agar tidak asal-asalan dalam
prosesnya, selanjutnya jelas kita butuh uang sebagai modalnya, terakhir adalah
manajemen. Percuma jika tiga hal tadi dijalankan namun tidak melalui manajemen
yang baik ", jelas bapak Basuki lebih rinci tentang konsep yang beliau
anut. Saya kagum dengan semangat Bapak Basuki ini, semangat yang sepantasnya
tertanam di sanubari para pemilik bangunan cagar budaya. Saking asyiknya
berbincang dengan Bapak Basuki, saya tak sadar kalau sore sudah berganti malam.
Usai berpamitan, saya berjalan menyusuri jalanan pecinan yang kini telah dipenuhi para pedagang kaki lima. Di bawah bayang-bayang langit malam yang gelap tanpa bintang, saya berandai-andai jika semua penduduk pecinan ini memiliki semangat seperti Bapak Basuki, tentu Pecinan Semarang kilau pesonanya akan sepadan dengan pecinan Malaka yang kini telah menjadi Warisan Dunia. Sayang, keruhnya Sungai Semarang yang meliuk di tepiannya sepertinya menggambarkan nasib pecinan Semarang hari ini.
Referensi
Brommer dkk. 1995. Semarang, Beeld van een stad. Purmerend : Asia Maior.
Handinoto. 1999. " Lingkungan "Pecinan " dalam Tata Ruang Kota di Jawa pada Masa Kolonial " dalam Dimensi Teknik Sipil Vol. 27, no.1 Juli 1999.
Liem Thian Joe. 1931. Riwayat Semarang. Batavia : Boekhandel Drukkerij.
Pratiwo. 2010. Arsitektur Tradisional Tionghoa dan Perkembangan Kota. Yogyakarta : Penerbit Ombak.
Widodo. J. 2000. "Bangunan Toko dan Kelenteng" dalam Indonesian Heritage : Arsitektur. Jakarta : PT. Widyadara.